Website counter

Friday, December 25, 2015

RUMAH SAKIT, ORGANISASI YANG PADAT SISTEM DAN PADAT MASALAH




         Rumah sakit adalah suatu organisasi yang padat sistem. Ada berbagai macam prosedur yang berlaku di rumah sakit dan harus bisa dipertanggungjawabkan. Prosedur itu diatur secara detail dalam tupoksi dan Standar Operasional Prosedur (SOP). Prosedur itu sangat mengikat dan harus dijalankan sesuai dengan yang tertulis, bukan dijalankan berdasarkan ‘pengalaman’.  Apabila terjadi kesalahan dalam melakukan prosedur, semua SDM rumah sakit harus dapat mempertanggungjawabkan tindakannya sesuai SOP, bukan berdasarkan pengalaman. Keterikatan ini berlaku mulai dari Direktur Utama hingga Cleaning Service. Banyaknya prosedur yang dituangkan dalam dokumen-dokumen tertulis di semua unit di rumah sakit, sangat berhubungan dengan tugas utama rumah sakit. Ada begitu banyak ancaman proses hukum yang bisa terjadi apabila prosedur penanganan kesehatan tidak dilakukan sesuai dokumen yang tertulis.
           Sebuah rumah sakit akan selalu dituntut memperbaharui mutu pelayanannya. Mengejar akreditasi rumah sakit adalah salah satu cara untuk meningkatkan mutu pelayanan.
       Ilmu kedokteran terus berkembang dari masa ke masa, begitu pula halnya dengan mutu pelayanan rumah sakit. Mutu pelayanan kesehatan yang pernah menjadi pedoman di tahun 1900 an, tidak semua bisa diterapkan menjadi standar mutu kesehatan saat ini. Orientasi standar mutu kebersihan sebuah rumah sakit di jaman lampau, saat ini bukan lagi menjadi ukuran standar rumah sakit. Standar kebersihan di kantor-kantor, perusahaan, pertokoan, restoran yang bukan berurusan dengan kesehatan, tampilannya sudah sangat ‘kinclong’, jadi seharusnya sebuah rumah sakit yang notabene berurusan dengan bidang kesehatan, sebaiknya memiliki standar yang lebih dari sekedar ‘kinclong’.
Berbagai masalah yang terjadi di rumah sakit sebaiknya menjadi tanggungjawab semua pihak. Ketidakpuasan bisa datang dari berbagai pihak baik dari eksternal rumah sakit, maupun dari internal rumah sakit. Pemerintah mengharapkan rumah sakit memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi warganya. Masyarakat menginginkan pelayanan yang berkualitas bisa diperoleh bila mengunjungi rumah sakit. Para karyawan rumah sakit juga berharap bisa memberikan pelayanan terbaik, aman bagi pasien, terlebih juga aman bagi dirinya. Manajemen rumah sakit juga sangat ingin memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu tinggi bagi semua pengguna rumah sakit.

 Semua keinginan itu dapat terwujud apabila semua kebutuhan rumah sakit dipahami dengan baik dan didukung secara penuh oleh semua pihak. Yang tidak kalah pentingnya, rumah sakit membutuhkan upaya-upaya manajemen yang baik, untuk mencapai efisiensi dan efektifitas pelayanan yang optimal. Proses manajemen merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya mengelola sebuah rumah sakit secara baik. Penerapan sistem manajemen sangat mempengaruhi  bagaimana aktivitas pelayanan kesehatan berjalan di sebuah rumah sakit. Ilmu manajemen bukan sekedar ilmu yang mengatur sebuah organisasi, tetapi lebih dari itu bagaimana ilmu dan seni berpadu memotivasi orang-orang di dalamnya untuk bergerak secara bersama-sama mencapai tujuan. 

No comments: